RSS

Tegar Bersama Halaqah

06 Jun

936896_545118842206722_446741759_n

“Islam sangat menganjurkan agar para pemeluknya membentuk kumpulan-kumpulan bernuansa kekeluargaan (usrah) dengan tujuan mengerahkan mereka untuk mencapai tingkat keteladanan, mengokohkan persatuan, dan mengangkat konsep persaudaraan di antara mereka dari tataran kata-kata dan teori menuju kerja dan operasional yang konkret. Oleh karenanya bersungguh-sungguhlah wahai saudaraku untuk menjadi batu bata yang baik dalam bangunan islam ini”. (Imam Syahid Hasan Al-Banna)

Seperti kutipan diatas, bahwa halaqah menjadi penting ketika kita ingin menjadi batu bata yang baik bagi bangunan Islam ini. Awalnya saya kira halaqah hanya bertujuan untuk membentuk pribadi muslim yang Islami dan berkarakter da’i. Namun setelah beberapa tahun menjalani halaqah tarbawi rupanya banyak memberi manfaat mendalam bagi diri saya

Kunci perubahan, dua kata itu sepertinya sangat tepat dijadikan point penting dari manfaat halaqah. Ya, dulu sebelum mengenal halaqah, saya hanyalah pelajar SMP biasa yang mengenal Islam sebagai agama yang mewajibkan sholat, puasa, zakat, dan amalan ibadah lain, namun saat menjalaninya bisa jadi  kontribusi saya masih sangat kurang untuk kemaslahatan ummat secara keseluruhan. Tak jarang diri ini mudah jatuh dalam jurang kefuturan dan hal yang sama sekali tidak bermanfaat atau bahkan merugikan. Astaghfirullah..

Hingga akhirnya, saya menemukan sosok akhwat Soleha yang sungguh Inspiratif dan Kreatif. Awal mengenalnya memang terasa sangat biasa. Tak ada perhatian khusus yang saya berikan. Padahal Ia tak pernah lelah membagikan kesediaan hati.

Banyak yang kami dapatkan dari forum ini, mulai dari penguatan aqidah, ibadah yang lurus sampai pentingnya bekerja besar untuk kejayaan Islam dan menyelamatkan kesejahteraan ummat, tentang pentingnya hidup berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara dengan nafas Islam. Saya seringkali merenungkan, kini saya hidup di Zaman Islam yang sudah mudah dipelajari dan dijalankan di mana-mana. Berbeda dengan perjuangan Rasululloh dulu yang dengan sekuat tenaganya memperjuangkan Islam meski sebenarnya Beliau tak perlu lelah-lelah berjihad karena Surga sudah pasti didapat, juga perjuangan para shohabiyah seperti Khodijah, Aisyah, Asiyah, Asma, Siti Hajar, dan sederet Mujahidah yang luar biasa lainnya. Saya malu, karena kontribusi saya dalam dakwah ini belum sehebat mereka.

Ibaratkan kerikil yang terus diisikan dalam sebuah botol maka semakin lama botol akan penuh. Berbeda dengan hati ini, semakin banyak adanya pertemuan forum halaqah dan berbagai taklimat justru semakin banyak saya belajar, semakin diri ini merasa miskin ilmu. Alhamdulillah, tiada sia-sia Allah menghadirkan Halaqah tarbawi dalam hidupku, salah satu sarana dimana didalamnya saya mendapatkan Ikatan ukhuwah dan kebahagiaan baru yang mungkin tak selalu kudapatkan dirumah.

Forum halaqah sangat  saya butuhkan, karena dengan hidup bersama halaqah berarti kita berjuang bersama dalam jama’ah ini untuk senantiasa berada dalam ikatan ukhuwah yang dirindukan oleh para malaikat, majelis dimana syetan-syetan lari menjauh darinya.

Seperti Pesan Asy-Syahid Sayyid Quthb 

“Persaudaraan adalah mu’jizat, wadah yang saling berikatan
Dengannya Allah persatukan  hati-hati yg berserakan
Saling bersaudara, saling merendah lagi memahami
Saling mencintai dan saling berlembut hati (Sayyid Qutb)”

Semoga kalimat indah Pendekar Dakwah itu senantiasa mewarnai layaknya halaqah yang bertabur pesan Illahi sehingga senantiasa mentegarkan orang-orangnya yang ada didalamnya. Aamiin.

Jazakumullah khoiron untuk semua murobbiyahku yang telah mewarnai hidup ini menjadi lebih indah

Ditulis pada tanggal 28 Juni 2012

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2013 in B Islam World

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: