RSS

Refleksi Generasi Muda di balik Meletusnya Gunung Kelud

16 Feb
gunung_kelud_20140202_154728

Sahabatku, pemuda bangsa yang mencintai Indonesia. Di awal tahun ini negeri kita telah dihadapkan pada berbagai ujian dari Sang Kuasa. Ujian memang menjadi sebuah kepastian yang harus dihadapi dalam mengarungi sebuah bahtera kehidupan. Ibarat berlayar di lautan, maka sudah pasti akan menerjang ombak dan menghadapi badai, hujan, serta panasnya terik matahari. Seperti kamis malam, 13 Februari lalu, bencana meletusnya Gunung Kelud di kabupaten Kediri menjadi duka bersama bangsa Indonesia dan tentu merupakan salah satu peringatan penting bagi kita yang menghuni di dalamnya.

 

Saat ini kebanyakan orang menganggap bahwa manusia dan alam semesta adalah dua objek yang terpisah. Padahal bila kita mau mendekat dengan alam, sesunggunya ada hubungan yang sangat erat antara manusia dan alam semesta. Seluruh fenomena dan gesekan yang ada di alam memiliki hubungan satu dengan yang lain. Tentu semuanya tak berlepas dari campur tangan kita sebagai makhluk penghuni alam ini. Pada dasarnya, manusia adalah alam mikrokosmos (bagian kecil) dan alam semesta adalah makrokosmos (jagat raya yang besar). Bicara tentang alam, tentu Indonesia adalah negeri yang kaya dengan sumber alam bagi sumbangsih dunia. Gunung Merapi Kelud yang baru saja meletus kemarin merupakan bukti bahwa negeri kita dikelilingi bentangan alam yang luar biasa. Letusannya yang memuntahkan lebih dari 100 juta meter kubik material dan semburan ke langit yang mencapai 17 kilometer serta hujan abu vulkanik yang menaburi berbagai kota menunjukkan betapa besarnya keagungan Tuhan.

 

Bayangkan ketika abu vulkanik tersebut masih terus menghujani titik-titik kota, sudah pasti berbagai aktivitas manusia akan terhambat, bandara-bandara akan tutup, sekolah-sekolah terus diliburkan, para pengungsi tidak dapat kembali ke rumah, dan yang paling membahayakan adalah kesehatan masyarakat semakin terancam. Kita sebagai generasi muda tentu tak ingin mengalami kejadian itu. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk semakin membuka mata bagi alam dan negeri ini. Kewajiban kita tidak cukup hanya menjaga, tetapi juga mendoakan dan memperbaiki segala asetnya. Kita tak pernah tahu, bisa jadi di balik musibah, tersimpan pesan-pesan Tuhan yang dicurahkan melalui alam semestnya. Kita sudah semestinya sadar, bahwa Tuhan tengah mengingatkan kita agar lebih bersahabat dengan alam, lebih mencintainya dan melestarikan kekayaannya.

 

Sahabatku generasi muda Indonesia marilah bersama kita memetik pelajaran dari bancana meletusnya Gunung Kelud ini, sejenak merenung dan menilik kembali apa-apa yang telah kita kontribusikan bagi Indonesia, bagi bangsa dan alamnya. Biarkan segala yang telah terjadi menjadi pembelajaran bagi kita, karena sejatinya setiap moment sejarah di alam semesta adalah layak untuk kita refleksikan bersama, sehingga masing-masing dari kita semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Sungguh tiada yang lebih berkehendak untuk menghadirkan musibah dan keselamatan selain Dia Yang Maha Berkuasa. [A.R]

 

(Renungan Cinta Untuk Indonesia)

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Februari 2014 in Uncategorized

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: