RSS

Menyelamatkan Hutan: Menyelamatkan Masa Depan Indonesia

17 Mar

kebakaran-hutan

Di tengah tantangan global, mari bersama mempertahankan identitas hutan dengan menjaga dan melestarikannya. Kita patut bersyukur karena Tuhan menciptakan kita dengan kelengkapan akal dan kemampuan untuk berpikir. Menjadikan kita sebagai khalifah yang salah satu tugasnya untuk menjaga keseimbangan alam semesta ini. Sudah banyak kerusakan hutan di Indonesia yang berimbas pada kehidupan manusia. Padahal kalau kita mau merenungi, tangan-tangan dan otak manusialah yang seringkali menjadi perusak utama.

Hutan adalah aset alam yang sangat berharga bagi sebuah negara, semakin kecil luas suatu hutan, semakin sedikit hasil alam yang dihasilkan. Kita sadari pula, saat ini masih banyak kasus ilegal loging untuk meraup keuntungan sepihak. Keuntungan yang sebenarnya merugikan banyak aspek kehidupan. Tanpa rasa khawatir,  hutan Indonesia terus dieksploitasi, banyak tangan yang menebangi pohon melebihi batas kewajaran, sehingga ekosistem menjadi rusak dan tidak seimbang. Banjir yang besar, panas yang luar biasa di musim kemarau, dan tanah longsor di daerah pegunungan, tampaknya belum juga membuatnya jera.

0928gpap

Saat bencana itu terjadi, tidak hanya kita yang dirugikan, tapi juga semua populasi makhluk hidup yang meninggalinya bukan?

Bila hutan sudah gundul, bagaimana air hujan bisa diserap dengan maksimal?
Bila hutan sudah gundul, masihkah makhluk hidup bertahan saat musim kemarau panjang?
Bila hutan sudah gundul, hutan mana yang akan kita wariskan untuk anak cucu kita  di masa depan?

Oleh karenanya, yang perlu kita lakukan untuk lebih menjaga identitas hutan Indonesia adalah dengan meningkatkan konservasi hutan, menjadikan aset alam ini kembali pada fungsi sejatinya hutan diciptakan: menyeimbangkan ekosistem seluruh kehidupan. Dengan begitu, semoga Indonesia mempunyai ruang hijau yang lebih luas, memberikan nilai kebermanfaatan bagi semua makhluk hidup, serta menjadi warisan berharga bagi generasi masa depan di bumi pertiwi Indonesia.

So, start now..
Let’s save our forest!

200810101200421

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Maret 2015 in C Karya Ilmiah

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: